Pelaksanaan Kegiatan Reuni Alumni Fakultas Psikologi UGM di Tengah Pandemi Covid-19

Tahun 2020 tidak terasa akan segera berakhir dan meninggalkan beragam kenangan bagi setiap individu. Tahun ini terbilang sangat bersejarah untuk peradaban umat manusia, terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Pandemi ini memaksa manusia untuk beradaptasi dengan cepat pada kondisi yang tidak menentu. Setiap individu, komunitas hingga organisasi-organisasi besar diminta untuk mampu bertahan di tengah kondisi yang ada.

Kondisi pandemik yang terjadi pada tahun ini membuat masyarakat harus mengurangi aktivitas di luar rumah dan interaksi langsung dengan manusia yang lain. Hal tersebut menjadikan beragam kegiatan mengalami perubahan dari di luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring). Perubahan ini merupakan salah satu bentuk adaptasi yang dilakukan oleh manusia. Salah satu kegiatan yang mengalami perubahan adalah kegiatan reuni alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kegiatan reuni pertama yang dilakukan ditengah masa pandemi ini adalah puncak rangkaian reuni perak Angkatan 1995. Kegiatan yang telah sukses dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2020 lalu dengan judul Alumni Sharing Session: Mendukung Potensi Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Kegiatan yang menghadirkan Edilburga Wulan Saptandari, Ph.D. sebagai pembahas ini beserta tiga orang alumni yang telah memiliki banyak pengalaman di dunia pendidikan sebagai narasumbernya. Ketiga pembicara tersebut adalah Endah Arumbini Setyawati, S.Psi. (Wakil Kepala Sekolah KB/TK Kalam Kudus Yogyakarta), Dyah Kusumaning Harini, S.Psi. (principal dari Taman Balita, Daycare & TK Ceria) dan F. Ana Rukma Dewi, S.Psi (Koordinator Labschool Rumah Citta). Kegiatan dilaksanakan melalui platform Zoom ini dihadiri sekitar 140 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Beragam tanggapan positif diberikan para peserta yang merasakan bahwa kegiatan alumni sharing session ini sangat bermanfaat terutama pada kondisi pandemi ini.

Menyusul kesuksesan acara reuni angkatan 1995, acara reuni lain juga diselenggarakan pada bulan Desember ini. Kegiatan reuni tersebut merupakan acara reuni Angkatan 1983. Acara yang juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan dies natalis Fakultas Psikologi UGM ini juga sukses dilaksanakan hari Jumat 4 Desember 2020 lalu. Kegiatan yang mengusung konsep bedah buku karya alumni angkatan 1983 ini mampu menarik banyak pendaftar dalam jangka waktu pendaftaran yang terbilang sangat singkat. Acara bedah buku yang dilakukan dalam dua sesi ini dimoderatori oleh Prof. Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. pada sesi 1 dan sesi 2 dimoderatori oleh Drs. Andang Lukitomo, Psikolog. Pembicara atau pemateri pada kegiatan bedah buku ini merupakan alumni yang turut serta menulis buku tersebut. Pada sesi 1, pemaparan materi disampaikan oleh Drs. L. Sastra Wijaya, Dra. Istiyani Susriyati, Psikolog dan Dra. Aloysia Endang SSS, Psikolog, sedangkan pada sesi 2 diisi oleh Drs. Arif Nurcahyo, M.A., Drs.Musa Tanaja, M.Si. dan Dra. Wita Hendardijati, Psikolog. Adanya kegiatan reuni sekaligus peluncuran buku tersebut memberikan banyak insight bagi para peserta terutama alumni muda mengenai penerapan maupun pengaruh dari ilmu psikologi yang dirasakan oleh alumni 1983.

Kedua kegiatan alumni tersebut menjadi bukti bahwa pandemik yang sedang melanda tidak dapat menghentikan semangat alumni Fakultas Psikologi untuk tetap produktif dan memberikan manfaat bagi almamaternya. Kedepannya diharapkan lebih banyak kegiatan alumni lain yang bisa terfasilitasi dengan baik secara luring maupun daring, sehingga komunikasi dan relasi antara Fakultas Psikologi dengan alumni maupun dengan sesama alumni dapat terjalin dengan lebih baik lagi.