Pengen Ngobrol: Alumni Sharing Session yang Mewadahi dan Menjembatani Mahasiswa serta Alumni untuk Berdiskusi Mengenai Dunia Karier

Office of Cooperation, International Affairs, and Alumni (OCIA) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama tim Pengen Ngobrol yang terdiri dari Yuman Amir (angkatan 2015), Bernardus Aji Prasetyo (angkatan 2016) serta M. Farie Ath Thaariq (angkatan 2016) mengadakan serangkaian kegiatan alumni sharing session. Kegiatan yang disebut dengan Pengen Ngobrol ini merupakan alumni sharing yang berbentuk talkshow yang dilaksanakan secara daring dengan konsep kasual yang mengangkat isu-isu terkait dunia kerja. Pengen Ngobrol ini menjadi jawaban dan jembatan bagi mahasiswa yang selama ini masih bingung dengan karier yang akan dipilih, karena melalui acara Pengen Ngobrol mahasiswa mendapatkan wadah untuk berdiskusi dengan alumni yang berkiprah di berbagai area, mulai dari praktisi, peneliti, maupun akademisi. Selain itu, kegiatan Pengen Ngobrol ini juga berguna untuk menciptakan dinamika pembelajaran yang career oriented dan menjadi sebuah komunitas antar angkatan yang terintegrasi, terutama sebagai media komunikasi mengenai dunia karier.

Pengen Ngobrol sendiri telah rutin dua minggu sekali sejak tanggal 8 Agustus 2020 lalu. Pada episode pertama, Pengen Ngobrol mengangkat isu yang paling sering ditemukan pada mahasiswa, yakni berkarier sebagai praktisi atau akademisi. Episode pertama ini diisi oleh Diandra Isrodiah Pramumardani yang berprofesi sebagai praktisi di bidang talent development Perum Peruri serta Acintya Ratna Priwati yang berprofesi sebagai dosen dan peneliti. Melanjutkan episode pertama, episode kedua masih membahas topik yang masih terbilang umum yakni melanjutkan pendidikan atau berkarier. Episode yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2020 ini menghadirkan Firman M. Firmansyah, alumni angkatan 2007 yang berprofesi sebagai Computational Social Science Researcher. Beliau dipilih untuk membagikan pengalamannya karena ia memilih untuk melanjutkan pendidikan di bidang yang teknologi terutama computational yang menjadi minatnya, setelah ia sukses berkarier di sebuah perusahaan ternama di Indonesia.

Setelah melaksanakan dua episode untuk membahas topik-topik yang masih sangat luas, Pengen Ngobrol kembali mengadakan episode tiga pada 5 September 2020 dengan topik yang sudah mulai mengerucut yakni karier di bidang Psikologi Klinis. Dengan mengangkat “The Journey & Career in Clinical Psychology” sebagai judul, Pengen Ngobrol kali ini bertujuan untuk memberikan gambaran karier yang sama-sama di ranah klinis tetapi dengan latar belakang pendidikan maupun spesialisasi yang berbeda, yakni psikolog yang dipaparkan oleh Annisa Peodji P., M.Psi., Psikolog dan akademisi serta aktivis disampaikan oleh Regisda Machdy, S.Psi., M.Sc. Dengan dilaksanakannya episode tiga ini, diharapkan para mahasiswa memiliki pandangan baru mengenai ranah psikologi klinis membutuhkan seluruh peran dari berbagai pihak, baik psikolog, akademisi maupun aktivis.

Setelah berjalan hingga episode tiga yang mulai mengerucut, Pengen Ngobrol episode empat yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 26 September ini membawakan topik baru yang cukup banyak diminta oleh para peserta, yakni karier di dunia Psikologi Industri dan Organisasi (PIO). Seperti yang umumnya diketahui, sebagian besar lulusan psikologi memilih untuk masuk ke dunia PIO. Namun sangat disayangkan bahwa tidak banyak dari mahasiswa yang mengetahui bahwa ranah PIO tidak hanya berkisar di Talent Accuisition dan Human Resources saja. Hal ini membuat tim Pengen Ngobrol menghadirkan dua orang narasumber yang berkarier di dunia PIO yang spesialisasi kerjanya belum banyak diketahui mahasiswa. Kedua narasumber tersebut adalah Fhajar Widhi Skripstiardi dan Khusni Mustaqim yang memiliki beragam pengalaman di dunia Psikologi Industri dan Organisasi tidak hanya di bagian Human Resources, tetapi juga Organization Development. Pengalaman yang dibagikan oleh kedua alumni tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran baru mengenai ranah Psikologi Industri dan Organisasi yang sebenarnya memiliki cakupan yang sangat luas untuk dieksplorasi oleh mahasiswa maupun alumni muda.

Menjawab permintaan dari peserta talkshow yang sangat tertarik ranah Psikologi Forensik, Pengen Ngobrol mengajak Putri Marleni dan Lucia Peppy Novianti untuk membagikan pengalamannya sebagai praktisi di bidang tersebut melalui Pengen Ngobrol episode lima yang dilaksanakan tanggal 3 Oktober 2020. Kedua narasumber tersebut sama-sama berkecimpung di dunia Psikologi Forensik meskipun memiliki fokus dan latar belakang yang cukup berbeda. Pada praktiknya, Putri lebih banyak menjurus ke arah advokasi sedangkan Peppy sebagai psikolog berkualifikasi forensik dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melalui Pengen Ngobrol, peserta dan narasumber dapat berdiskusi mengenai hal-hal yang terkait profesinya masing-masing, dari cara memenuhi kualifikasi forensik dan lain sebagainya.

Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan Pengen Ngobrol di semester gasal tahun ajaran 2020/2021 ini, Pengen Ngobrol menyelenggarakan talkshow episode enam pada tanggal 6 November lalu dengan judul “The Journey and Career: A Human-Centered Approach in Tech Industry”. Pada episode ini, Pengen Ngobrol berupaya memberikan gambaran mengenai penerapan ilmu-ilmu psikologi di ranah industri teknologi dengan dua narasumber yang berpengalaman di bidang tersebut. Keduanya adalah M. Rieza Rakhman yang berprofesi sebagai Consumer Engagement Associate Manager Gojek dan Nur Zidny Ilmanafia yang berkarier sebagai UX Researcher di Jabar Digital Service. Narasumber pada episode ini membagikan pengalamanya dalam berkarya di industri tersebut, bagaimana menerapkan ilmu dari psikologi dalam bekerja, seperti mengkombinasikan kemampuan meneliti dengan consumer behavior.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan Pengen Ngobrol ini memberikan insight bagi para mahasiswa terutama dalam melihat peluang karier di masa yang akan datang. Dengan banyaknya manfaat yang dapat dirasakan, kegiatan alumni sharing session seperti ini akan kembali diadakan di semester yang akan datang dengan topik diskusi dan metode yang menarik. Jangan sampai ketinggalan!