Alumni Sharing Session: Melakukan Eksplorasi untuk Menemukan Minat dan Bidang Kerja yang Sesuai

Pengen Ngobrol menjadi tempat untuk berbagi pengalaman mengenai karier alumni dari berbagai bidang yang bertujuan untuk memberikan insight terkait pilihan karier yang ada bagi para alumni muda, mahasiswa maupun calon mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada episode pertama ini diangkat tema mengenai passion dengan judul “Menentukan Karir dan Minat di Bidang Psikologi”. Acara yang dibuka dengan sambutan dari Ibu Yopina Galih Pertiwi, S.Psi., M.A., Ph.D. selaku Kepala Office of Cooperation, International Affairs, and Alumni (OCIA) berjalan selama 2 jam yang dimulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Pada episode pertama yang dilaksanakan tanggal 8 Agustus ini menghadirkan 2 orang alumni sebagai pembicara, yakni Acintya Ratna Priwati, S.Psi., M.A. dan Diandra Pramumardani, S.Psi.

Kedua narasumber tersebut membagikan pengalamannya dalam perjalanan menemukan minat hingga menjalani karier mereka saat ini. Sebagai seorang dosen Fakultas Psikologi UGM dan seorang peneliti di bidang Psikologi Sosial, alumni yang kerap disapa Acin tersebut memberikan kisah singkat mengenai cara ia menemukan passion-nya. Acin menceritakan bahwa selama berkuliah di Fakultas Psikologi UGM, ia memiliki kesempatan untuk mengeksporasi setiap bidang yang ada di Psikologi melalui kegiatan perkuliahan maupun kegiatan-kegiatan lain. Kesempatan eksplorasi tersebut membuat ia paham akan minatnya. Tidak hanya itu, program Kuliah Kerja Nyata atau KKN yang diikutinya juga menjadi titik balik tersendiri bagi Acin untuk menemukan passion-nya di bidang sosial terutama dalam kaitannya dengan masyarakat. Selain itu, kesempatan untuk menjadi asisten kelas saat ia menjalani pendidikan magister psikologi juga memberikan insight bahwa proses mengajar itu menyenangkan dan berhasil mengarahkannya hingga saat ini menjadi salah satu dosen aktif di Fakultas Psikologi UGM. Selain berprofesi sebagai seorang dosen, Acin juga berkarier sebagai seorang peneliti. Melalui penelitian, ia juga turut berpartisipasi dalam penyusunan kebijakan-kebijakan yang akan berdampak bagi masyarakat.

Tidak jauh berbeda dari Acin, Diandra juga menceritakan pengalamannya yang sangat menarik dalam menemukan minatnya. Diandra yang saat ini menjabat sebagai Talent Development di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri), ternyata menemukan minatnya di bidang Industri dan Organisasi pada akhir masa pendidikan sarjananya. Minatnya akan dunia Human Resources diawali dengan prgram pertukaran pelajar yang ia ikuti di Kyunghee University, Korea Selatan. Pada program tersebut, ia mengambil tiga mata kuliah yang salah satunya adalah business administration yang memberikan insight akan apa minatnya yang sebenarnya, terutama di bidang Industri dan Organisasi. Setelah kembali ke Indonesia, Diandra mengikuti program magang di salah satu bank untuk mengeksplor lebih dalam lagi mengenai minatnya di bidang Industri dan Organisasi.

Sebagai program yang berbentuk talkshow, Pengen Ngobrol tidak hanya memberikan materi dari pembicara, peserta juga dapat berinteraksi dengan memberikan pertanyaan bagi kedua narasumber tersebut. Pada sesi tanya jawab tersebut, dijelaskan lebih mendalam terkait beberapa topik yang ditanyakan oleh peserta. Salah satunya tentang pengaruh pengalaman berorganisasi terhadap individu di dalam dunia kerja. Kedua narasumber tersebut menjelaskan bahwa pengalaman berorganisasi mengajarkan individu untuk mempelajari hal baru yang sangat relevan dengan dunia kerja, seperti kepemimpinan, kemampuan mengatur waktu, hingga lebih fleksibel dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, melalui sesi tersebut narasumber juga memberikan beberapa saran terkait dengan perjalanan karier maupun menemukan passion. Keduanya menyampaikan bahwa sebagai individu, kita tidak boleh cepat merasa puas, harus selalu belajar, serta membuka pandangan terhadap dunia. Selain itu, kita juga harus bersabar dalam menemukan minat dalam bidang tertentu, karena hal tersebut cukup memakan waktu, menuntut kita untuk banyak mengeksplorasi, dan yang pasti no pain no gain.

Selain menghadirkan Acin dan Diandra sebagai pembicara pada episode pertamanya, program Pengen Ngobrol tersebut tidak langsung berakhir. Pengen Ngobrol selanjutnya akan dilaksanakan pada akhir pekan ini, yakni pada tanggal 22 Agustus 2020, dengan melanjutkan tema yang telah diangkat pada episode pertama. Pada episode dua, pembicara yang akan mengisi talkshow ini adalah salah satu alumni muda yang saat ini tengah melanjutkan pendidikan di Negeri Paman Sam. Ia akan membagikan pengalamannya mengenai perubahan karier dan keputusannya untuk melanjutkan pendidikan setelah ia memiliki pekerjaan tetap. Jangan lewatkan rangkaian kegiatan Pengen Ngobrol yang akan menyuguhkan pembicara-pembicara yang menarik dan tentunya akan memberikan insight bagi teman-teman mahasiswa maupun alumni muda dalam menghadapi perjalanan pasca masa perkuliahan. (Anjuni)