Reuni dan Sharing Alumni Angkatan ’98: Menggapai Mimpi Dengan Psikologi

Sabtu (07/09) lalu, Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama Alumni Psikologi UGM Angkatan ’98 menyelenggarakan acara Reuni “Psikologi Sanga Wolu Melepas Rindu”. Berlokasi di ruang auditorium G-100, acara ini dihadiri oleh puluhan alumni angkatan ‘98, beberapa dosen dan staf, serta mahasiswa Fakultas Psikologi UGM dari berbagai latar belakang program studi dan angkatan. Turut hadir dalam acara ini adalah Dr. Nida Ul Hasanat, M.Si. selaku Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta Ardian Praptomojati, S.Psi., M.Psi., selaku Asisten Wakil Dekan I .

Berperan sebagai juru acara adalah Albertha Sekundarti, alumni angkatan ‘98 yang saat ini menjabat sebagai Direktur Human Resource (HR) PT. Mitra Adiperkasa (MAP). Alumni yang akrab disapa Mbak Uun ini memandu seluruh peserta menjalani seluruh rangkaian acara reuni. Puncak acara ini, yaitu sharing session dengan tajuk “Explore Yourself: Reach Your Dream Through Psychology”, menghadirkan berbagai alumni yang sukses berkiprah dalam berbagai bidang.

Acara sharing session terbagi ke dalam tiga sesi talkshow dan diskusi santai, yang masing-masing dipandu seorang moderator. Sesi pertama, dengan tema “Diskusi Psikologi Pendidikan dan Perkembangan”, dipandu oleh Putu Rahayu Ujianti, yang saat ini menjabat sebagai dosen dan Kepala UPT Layanan Bimbingan Konseling di Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Dalam sesi ini didiskusikan berbagai topik terkait aplikasi ilmu psikologi di dunia pendidikan dan perkembangan. Selain itu, alumni yang berperan ganda sebagai orang tua sekaligus bekerja ikut berbagi perspektif dan tips trik tentang membesarkan dan mendidik anak mereka.

Sesi kedua dimoderatori oleh Ratri Atmoko Benedictus dan bertajuk “Diskusi Psikologi Industri dan Organisasi (PIO)”. Mas Ting, sapaan akrab alumni tersebut, saat ini bekerja sebagai dosen PIO di Universitas Atma Jaya Jakarta. Turut meramaikan diskusi pada sesi ini adalah alumni yang bekerja di berbagai organisasi, di antaranya Dinas Psikologi Angkatan Darat, Perusahaan Listrik Negara (PLN), MAP, Nasmoco, dan upgrade.id. Dalam sesi ini, mereka menekankan pentingnya mahasiswa Psikologi untuk selalu mengantisipasi perkembangan teknologi yang begitu pesat di dunia kerja. Selain itu, mahasiswa Psikologi UGM harus selalu mengembangkan berbagai kompetensi seperti komunikasi, adaptabilitas, dan resiliensi, agar mampu bersaing dengan alumni dari kampus dan jurusan lain di dunia kerja.

Sesi terakhir bertema “Diskusi Kesempatan Studi Lanjut dengan Beasiswa”, dan menghadirkan Ratna Prabandari sebagai moderator. Ratna sendiri pernah menerima beasiswa USAID, dan saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Selain berbagi pengalaman mengelola beasiswa LPDP dan tips bagi mahasiswa yang tertarik mengambilnya, Ratna juga mengundang alumni yang pernah menerima beasiswa untuk studi di berbagai negara, seperti Australia, Jerman, dan Belanda. Para alumni penerima beasiswa menceritakan suka duka proses seleksi beasiswa dan studi di luar negeri, serta manfaat yang mereka dapatkan.

Antusiasme peserta dalam sharing session ini cukup tinggi,dibuktikan oleh banyaknya pertanyaan yang diberikan peserta hingga membludak di akhir tiap sesi. Untuk mengapresiasi kontribusi aktif peserta, alumni ’98 menyediakan beragam hadiah menarik untuk tiap peserta yang bertanya. Sharing session oleh alumni ditutup dengan foto bersama alumni, peserta, dan staf yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan menikmati jamuan serta sesi hiburan dan doorprize untuk alumni angkatan ‘98.